• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Terorisme di Indonesia , Jemaah Islamiyah , dan Al-Qaeda



Terorisme di Indonesia merupakan terorisme di Indonesia yang dilakukan oleh grup teror Jemaah Islamiyah yang berhubungan dengan Al-Qaeda. Sejak tahun 2002, beberapa "target negara Barat" telah diserang. Korban yang jatuh adalah turis Barat dan juga penduduk Indonesia. Terorisme di Indonesia dimulai tahun 2000 dengan terjadinya Bom Bursa Efek Jakarta, diikuti dengan empat serangan besar lainnya, dan yang paling mematikan adalah Bom Bali 2002.


Mengenai Jemaah Islamiyah dan Al-Qaeda:


Jemaah Islamiyah, kadangkala dieja Jamaah Islamiah adalah sebuah organisasi militan Islam di Asia Tenggara yang berupaya mendirikan sebuah negara Islam raksasa di wilayah negara-negara Indonesia Singapura, Brunei, Malaysia, Thailand, dan Fillipina. Pemerintah Amerika Serikat menganggap organisasi ini sebagai organisasi terroris, sementara di Indonesia organisasi ini telah dinyatakan sebagai "korporasi terlarang".

Keberadaan organisasi ini disangkal oleh pemuka-pemuka agama dan para politisi seperti Hamzah Haz dan Amien Rais mengingat sulitnya memahami antara aksi dan tujuan yang hendak dicapai dari setiap aksi.

Menurut informasi intelijen, Jemaah Islamiyah mendapat bantuan keuangan dari kelompok teroris lain seperti Abu Sayyaf dan al-Qaeda. Jemaah Islamiyah berarti "Kelompok Islam" atau "Masyarakat Islam" dan dipemberitaan suratkabar disebut JI.

Jemaah Islamiyah dicurigai melakukan aksi pengeboman Bali 2002 pada tanggal 12 Oktober 2002. Dalam serangan ini, pelaku bom bunuh diri dari Jemaah Islamiyah disebut-sebut menewaskan 202 orang melukai beberapa lainya di sebuah nightclub. Setelah serangan ini, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyatakan Jemaah Islamiyah sebagai pelakunya dan menyatakannya sebagai Organisasi Teroris Asing. Jemaah Islamiyah juga dicurigai melakukan Pengboman Zamboanga, pemboman Metro Manila, dan pemboman kedutaan Australia 2004 di Jakarta.


Al-Qaeda(Bahasa Arab: القاعدة, "pondasi" atau "dasar") adalah suatu organisasi paramiliter fundamentalis Islam Sunni yang salah satu tujuan utamanya adalah mengurangi pengaruh luar terhadap kepentingan Islam. Al-Qaeda digolongkan sebagai organisasi terris internasional oleh Amerika Serikat, Uni Eropa, PBB, Britania Raya, Kanada, Australia, dan beberapa negara lain. Walaupun secara filosofis, anggotanya bersifat heterogen, sebagian besar anggota berpengaruh dari organisasi ini dianggap mengikuti Mahzab Salafi.

1 komentar:

  1. Saydara - saudari pernahkah kita merasa "panas, jenuh, dan waktu berjalan terasa cepat di rumah dan tempat kerja kita?. sehingga kita ingin keluar ruangan. lalu tidur siang sampai sore akan tetapi yang dirasakan bukan segar setelah bangun, tetapi ingin membanting apa sja yang dirumah / tempat kerja lalu pergi mencari sesuatu yang menarik, tetapi tidak menemukan apa yang diharapkan. lalu anda pergi ke masjid rasanya lebih sejuk, pergi ke pedesaan yang hanya berjarak 5 m dari pintu rumah anda. anda merasa seperti orang asing. lalu anda menyalakan TV dan menonton Film Barat anda merasa seperti bertemu keluarga?. coba anda ranungkan.

    www.rahasia-dibeber.blogspot.com

    BalasHapus

Jangan Lupa Comment-nya yah....

 
  • Blogroll

  • Consectetuer

  • Popular

  • Comments