• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Tips Cara Agar Flashdisk Tidak Cepat Rusak

Saat kamu ingin melepaskan Flashdisk mu melalui "Safely Remove Hardware" apakah kamu pernah mengalami hal atau melihat peringatan Seperti Gambar di bawah ini,


Jika itu terjadi artinya kamu tidak boleh atau sebaiknya tidak boleh melepas flashdisk mu saat itu, karena sedang ada proses yang terjadi didalam flashdisk mu itu. Dan jika kamu memaksa untuk tetap melepasnya, dan kamu sering melakukan hal itu maka flashdisk mu itu akan rusak dan tidak bisa terbaca oleh komputer lagi(sesuai pengalaman Pribadiku nih...).

Namun kadang proses yang terjadi di dalam flashdisk kita itu tidak terlihat sehingga kita tidak tahu proses apa yang sedang berlangsung, itu tidak terlihat karena merupakan Sistem Proses.

Nah...tidak usah panjang lebar penjelasannya, langsung ke inti permasalahannya dan Penyelesaiannya.

Flashdisk kita tidak bisa dilepas dengan aman karena sedang ada proses di dalamnya, jadi kita dapat melepasnya dengan jika proses tersebut dimatikan atau dibuka. Untuk membuka atau mematikan proses di dalam flashdisk, kita bisa menggunakan dua cara.

Pertama, melalui tiga Tombol ajaib atau CTRL+ALT+DEL . Tekan ketiga tombol tersebut maka akan terbuka Windows Task Manager kemudian pilih tab Applications dan matikan proses yang sedang berlangsung di dalam flashdiskmu dengan memilih nama proses dan kemudian pilih End Task. Namun Windows Task Manager ini agak sulit untuk sebagian orang karena, pada tab aplications kita hanya bisa melihat aplications yang berjalan, bukan System proses. System proses bisa kita lihat di tab Processes. Tapi pada tab processes kita tidak tahu yang mana proses yang berjalan di flashdisk kita ( Jadi Ribet yah...) . Jadi menutup Aplications yang berjalan Di flashdisk kita saja tidak cukup karena masih ada sistem proses, sedangkan sistem proses di sebagian orang tidak mengerti. Namun bagi orang yang mengerti, ini bisa menjadi lebih mudah karena tidak perlu menginstall Aplikasi apapun karena Windows Task Manager merupakan aplikasi bawaan WINDOWS.

Bagi yang tidak mengerti dengan cara pertama diatas baik itu sulit atau memang gak ngerti dengan penjelasan ku yang njelimet. Tenang saja karena masih ada cara kedua yang sangat mudah, tentu saja dengan bantuan Program/Aplikasi.

Kedua, cara kedua ini sangat mudah dan aku juga menggunakan cara kedua ini khususnya di komputerku. Baiklah tanpa bertele-tele supaya tidak tambah pusing, Program/aplikasi yang kamu perlukan adalah "UNLOCKER", program ini adalah program FREEWARE(Program Gratisan). Kamu bisa mengunduhnya secara Gratis di situsnya langsung di SINI, install program tersebut, kamu bisa memilih Bahasa Indonesia Pada pilihan Language saat menginstall program ini agar lebih mudah dalam mengoperasikannya.

Trus apa yah??? Ya segitu aja sudah selesai. Jika kamu mengalami masalah seperti di atas saat melepas Flashdiskmu, kamu tinggal klik kanan Icon Flashdiskmu kemudian pilih Unlocker (yang gambarnya Tongkat sihir atau apalah...). Nah unlocker akan menampilkan semua Proses yang terjadi di dalam Flashdiskmu tersebut. Kamu tinggal pilih, Buka artinya membuka proses satu-persatu, Buka semua artinya langsung membuka semua proses, dan jika Proses yang terjadi masih membandel dan tidak ingin dibuka maka kamu bisa menggunakan pilihan Hentikan Proses. Oh ya...Unlocker tidak hanya bisa melihat proses di dalam flashdisk saja, tapi juga hardisk dan lain-lain.

Nah sementara segitu aja Penjelasan dari aku, semoga membantu. Dan jangan lupa dikasih Comment-nya yah...he he he

4 komentar:

  1. Mun aku paling kumatikan laptopnya, baru habistu ku cabut falshdisknya.. haha.. jauh lebih aman.. (meski sangat tidak efisien)

    BalasHapus
  2. sama amun q kumatikan dulu laptop br ku cabut itu adalah seribu kali aman y gak..............

    BalasHapus
  3. jhon, katanya minta di koment yaa
    ne kukasih koment
    komen
    komen
    komen
    komen
    komen
    hwehh ehh ehh

    BalasHapus
  4. koQ flashdiskQ gak bs terbaca yah d komputer???

    BalasHapus

Jangan Lupa Comment-nya yah....

 
  • Blogroll

  • Consectetuer

  • Popular

  • Comments